Rabu, 16 Desember 2015

Tutorial Instalasi Linux Centos Minimal (Command Line Interface) di VirtualBox



Tutorial Instalasi Linux Centos Minimal (Command Line Interface) di VirtualBox


           
            Kali ini gw akan sharing tutorial instalasi Linux Centos 6 minimal di VBox, maksud dari kata “minimal” disini adalah centos yang kita install tanpa software tambahan dan benar-benar ringan tanpa Desktop GUI juga, jadi jangan kaget kalo setelah instalasi selesai lu cuma bias liat layar item di layar dengan teks putih aja..:)
            Gak usah takut untuk nyobain pake linux minimal kaya gini, karena dengan minimal lu dapat menyesuaikan kebutuhan software tambahan apa aja yang lu sesuaikan dan menghemat resource juga. Langsung aja deh setting VirtualBox nya dulu.

1.   Klik tombol New/Baru, lalu Isikan nama type dan versi, disini gw isi nama Centos dengan tipe Linux dan Versi Redhat, kenapa Redhat? Soalnya Centos itu pada dasarnya adalah versi komunitas Redhat, bedanya Centos gratis. Klik Lanjut.



2.   Setting memori sesuai source di komputer. Klo computer lu pake yang 4Gb, setting aja di virtualbox 1Gb atau maksimal 2Gb. Disini gw setting default aja 768Mb. Klik Lanjut.



3.   Selanjutya create harddisk. Klik Create/Buat.


4.   Selanjutnya setting tipe file nya, disini gw buat VDI aja. Perbedaannya bias googling aja ya tipe-tipe file yang ada di daftar tsb. Klik Lanjut.

  

5.  Selanjutnya Pilih mau dialokasikan secara dinamik atau tetap. Disini defaultnya dinamik agar menyesuaikan space drivenya. Klik Lanjut.


6.      Setting ukuran virtual harddisk, kasih sesuai kebutuhan aja. Klik Create/Buat.


7.      Setelah selesai, klik Setting/Pengaturan, disini kita konfigurasi jaringan virtual pilih adapter 1, terus terpasang pada Adapter Ter-bridge supaya bisa menyesuaikan jaringan local komputer lu.


8.    Selanjutnya masih di Setting/Pengaturan. Pilih Penyimpanan/Storage dan di kolom Atribut Optical Drive klik gambar CD sebelah kanan untuk browse ISO Linux Centos yang mau di install. Klik OK.


9.     Setelah semua konfigurasi selesai, langsung jalanin aja, klik Start/Mulai. Nanti muncul booting awal instalasi.


10.   Pilih install, tekan Enter.


11.   Pilih Skip untuk lewatin testing media, tekan Enter.


12.   Tekan Enter OK.


13.  Pilih English pada pilihan Language. Tekan Enter OK.


14.   Pilih US untuk Pilihan Keyboard. Tekan Enter OK.



15.   Buat password untuk login root, bikin yang gampang diinget biar gak lupa..:)


16.   Pilih Use entire drive untuk menggunakan seluruh isi disk yang ada, tekan Enter.


17.   Pilih Write change disk untuk memulai instalasi. Tekan Enter



18.   Tunggu instalasi sampai selesai 100%.


19.   Setelah instalasi complete, tekan Enter untuk Reboot/Restart.


20.  Setelah Reboot akan muncul login, login sebagai root dengan password yang tadi dibuat. Selesai!!. Selamat menikmati Centos Server Minimal. Tutorial selanjutnya gw akan implementasi Nagios Server untuk monitoring device/infrastruktur pada perangkat server tentunya dengan menggunakan Centos yang udah kita install barusan :) (Red-Marvel)




0 tanggapan:

. © 2008 Template by:
Marvelism